Audiensi DPP Pemuda Melayu ke Gubernur Sumbar.

 

Padang | Media Prajurit Indonesia – Padang, Senin (24/07/2022), Rombongan DPP Pemuda Melayu, Sekjen Hendi Sutarsa, Waketum Hariman Siregar, Wasekjen OKK Ibrahim Arsyad, Firman Tanjung Ketua Bidang Politik dan Keamanan dan Ketua Bidang Hubungan antar Lembaga Endi Harwen diterima langsung oleh Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, S.P Datuak Marajo di Istana Gubernur Sumatera Barat.

Sekjen Hendi Sutarsa dalam dalam paparannya menyampaikan bahwa Melayu dalam sejarahnya adalah rumput, kolonialis saja yang mengerdilkannya seolah-olah hanya sebatas suku. Saat ini rumpun melayu yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, hampir semua suku di Indonesia adalah bagian rumpun Melayu, bahkan Asia Tenggara. Khusus di Indonesia kenyataan masih termarginalkan. Oleh karena itu, Pemuda Melayu bertekad untuk membangkitkan semangat persatuan NKRI , lebih khusus perhatian dalam bidang kebudayaan, kualitas SDM, perekonomian maupun hukum.

Tahun ini bertepatan dengan akhir kepengurusan sehingga akhir tahun ini diselenggarakan Mubes. Berdasarkan saran-saran dari tokoh-tokoh Melayu agar dalam Mubes dihadirkan juga tokoh-tokoh Melayu nasional, terlebih para Sultan yang masuk dalam jajaran Dewan Agung kami harapkan bisa hadir dalam momen akbar tersebut, sekaligus silaturahmi nasional Melayu. Hadir audiensi kepada pimpin wilayah untuk yang pertama kali adalah di Sumbar ini. “Karena dalam kesejarahan banyak pejuang-pejuang yang berasal dari Sumatera Barat, ini yang menginspirasi kami memulai dari sini. Selain itu, lebih elok bertatap muka langsung, daripada sekedar komunikasi via telepon,” ujar Hendi Sutarsa sekjen Pemuda Melayu.

Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, S.P yang bergelar Datuak Marajo memberikan apresiasi positif terhadap kehadiran dan perkembangan Pemuda Melayu ke ranah Nasional. Beliau juga menceritakan bahwa sebelum ini komunikasi level Asia Tenggara juga sudah pernah dilakukan via zoom. Karena itu keberadaan Pemuda Melayu harus terus dikuatkan. Lanjut gubernur yang juga seorang ustadz, menyampaikan dalil kenapa mesti pemuda yang tampil sebagaimana tertuang dalam surat Al Kahfi :60 Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke pertemuan dua laut; atau aku akan berjalan (terus sampai) bertahun-tahun.

Bahwa pemuda adalah mereka yang memiliki semangat tinggi. Ia tidak akan pernah menyerah dalam mengarungi jalan masa depan. Sebelum keinginannya tercapai ia tidak akan pernah berhenti.

Selain itu, lanjutnya, Sumbar in sya Allah siap untuk menjadi tuan rumah Mubes yang akan diselenggarakan kedepan. (ibra /endi)

author

Author: