DALAM RANGKA HARI DHARMA SAMUDERA DAN HUT KOWAL LANTAMAL II BERSIH PANTAI DAN MUARA

 

Padang I Media Prajurit Indonesia – Dengan semangat kebersamaan para personel TNI, Polri, Pemko Padang, dan Perwakilan BUMN serta komponen lainnya bersama bersih bersih Pantai dan Muara Padang Selasa 5 Januari 2020.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Laksamana Pertama TNI Hargianto.SE, MM, M.Si (Han)., Menginisiasi kegiatan Gerakan bersih pantai dari Sampah Plastik yang dilaksanakan bersama.Kegiatan bersih pantai dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera yang jatuh pada tanggal 15 Januari 2021dan Ulang Tahun ke 58 Korp Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) bertepatan hari Selasa tanggal 05 Januari 2021. Danlantamal mengajak kita untuk peduli terhadap lingkungan pantai dan sungai agar tetap bersih. Danlantamal tema terimakasih kepada para peserta dan pendukung kegiatan ini. Danlantamal menyampaikan semoga kegiatan yang kita lakukan dapat manfaatnya bagi kita semua, karena kebersihan sebagian dari Iman.

Sampah memang sudah menjadi ancaman bagi kehidupan manusia di muka bumi. Indonesia termasuk penyumbang sampah terutama sampah plastik, setelah Tiongkok negara pertama sebagai penyumbang sampah plastik. Sampah hingga kini masih menjadi persoalan serius bagi Indonesia, terutama Laut sebagai tempat akhir pembuangannya. Ini hasil dari penelitian Koalisi Rakyat Untuk Keadilan Perikanan (KIARA) Susan Herawati sebagai sekretaris jenderal pada organisasi ini.

Kegiatan bersih ini bagian dari tugas pokok TNI sesuai dengan UU TNI no 34 tahun 2004 tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) terang Danlantamal pada saat dor stop dengan awak media.
Danlantamal menyampaikan mari kita dukung pemerintah daerah, karena kota Padang merupakan destinasi wisata pantai yang cukup bagus, sering di kunjungi baik dari masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) sendiri maupun luar Sumbar.

Kegiatan yang di hadiri juga Sekda Kota Padang Bp Amasrul. S.H., Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumbar Indra Datuk Rajo Lelo Wadanlantamal Kolonel Marinir Freddy JH Pardosi,S.E.,S.H.,M.M Ketua Korcab II DJA I,perwakilan Korem 032/WBR, Danlanud Sutan Syahrir, Polairud Polda Sumbar, GM Pelindo dan Pimpinan BRI Padang, Pejabat Utama dan para Kasatker serta pengurus Jalasenastri Korcab II DJA I.
Kegiatan yang di awali penyerahan secara simbolis perlengkapan kebersihan di panggung utama yang berada di pelataran gedung budaya tepi pantai kota Padang tetap mengacu pada protokol kesehatan Covid-19.

Kegiatan bersih pantai dan muara bersama komponen masyarakat sesuai dengan perintah harian Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono.SE, MM, yaitu “Jaga Kepercayaan Negara Dan Rakyat Kepada TNI Angkatan Laut Melalui Kerja Nyata Yang Bermanfaat Bagi Insitusi, Masyarakat, Bangsa Dan Negara “

Bongkar Lantamal II / Musmulyadi

author

Author: