Danlantamal II Cek Kesiapan Prajurit Dalam Menghadapi Pengamanan Pilkada Tahun 2020

Padang I Majalah Prajurit Indonesia – Tugas TNI sesuai Undang Undang TNI No 34 tahun 2004, sebagai pertahanan negara sesuai dengan masing masing Matra dan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Pada tugas OMSP Lantamal II perlu menyiapkan prajurit dan material untuk di siapkan dalam pengamanan Pilkada di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) yang sewaktu waktu di perbantukan kepada Polri.

Jumat 13 November 2020, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso memimpin apel dalam rangka Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah di Wilayah Sumbar (Pam Pilkada Sumbar) pada tahun 2020 yang akan dilaksanakan serentak tanggal 9 Desember 2020 ini.

Bertempat di lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lantamal II Jalan Bukit Peti Peti Teluk Bayur Padang dilaksanakan Apel kelengkapan dalam rangka Pam Pilkada oleh Danlantamal. Di hadiri oleh Wadanlantamal Kolonel Marinir Freddy JH Pardosi, Pejabat Utama, Dansatrol, Dandenma, Danyonmarhanlan II, Personil Lantamal dan Personil Yonmarhanlan II sesuai dengan peralatan serta kelengkapannya.

Dalam krisisnya pada apel kelengkapan dalam rangka Pilkada, Danlantamal menekankan kepada seluruh prajurit pahami peran, tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam rangka mendukung Pengamanan Pilkada yang akan datang. Prajurit Lantamal II harus mampu senantiasa dan memiliki kesiapan kecepatan bergerak serta profesional dalam melaksanakan tugas tersebut lanjut Danlantamal.

Danlantamal meyakinkan kepada prajurit bahwa Pilkada di Sumbar dapat berjalan lancar, aman, damai dan sukses, selama aparat TNI serta komponen lainya harus menjaga kondusifitas wilayah wilayah baik sebelum, selama dan setelah Pilkada.

Danlantamal juga kepada seluruh prajurit Lantamal II, agar berpegang teguh kepada netralitas yang telah dicanangkan Panglima TNI.

Perkembangan situasi lainya, juga tetap menjadi bagian dari kesiapan kita semua, ancaman potensi yang dapat terjadi sewaktu-waktu yang mengharuskan kita memiliki kesadaran dan kesiapsiagaan terhadap potensi penanggulangan dampak bencana alam imbuh Danlantamal.

Sebelum mengakhiri sambutanya Danlantamal menyampaikan Tiga pesan yang harus di pedomani oleh prajurit dalam pelaksanaan tugas pengamanan.

  1. Pahami prosedur dan tugas tanggung jawab serta pedomani langkah yang harus dilakukan dalam penanganan tindakan yang di hadapi.
  2. Lakukan pengecekan personel sebelum selama dan sudah pelaksanaan Pilkada tahun 2020.
  3. Laksanakan kordinasi secara terus-menerus untuk kelancaran pelaksanaan Pam Pilkada tahun 2020.

 

Demikian di sampaikan Danlantamal dalam sambutanya pada apel kesiapan Pam Pilkada tahun 2020.

Penyiapan prajurit Lantamal II dalam rangka Pam Pilkada dengan prajurit yang siapkan yang profesional dan terlatih selaras dengan Perintah Harian Bapak Kasal, yaitu Bangun Sumber Daya Manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman dan Jalin soliditas dan sinergitas komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan.

(Bongkar Lantamal II / Musmulyadi)

author

Author: