DANLANTAMAL II MENGHADIRI HUT KE 58 KOWAL SECARA VIRTUAL

 

Padang I Media Prajurit Indonesia – Di ulang tahun ke 58 Korp Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) Serda Jas/W Vivin Mandala Putri NRP 128564 prajurit termuda Kowal Lantamal II menerima potongan tumpeng dari Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Laksamana Pertama TNI Hargianto.S.E.,M.M.,M.Si.(Han) yang di dampingi ketua Kordinator Cabang (Korcab) II DJA Ny Santi Hargianto Selasa 5 Januari 2021.

Setelah mengikuti pelaksanaan upacara secara virtual, kegiatan dilanjutkan dengan acara syukuran bertempat di Kantor Satuan Kapal Patroli (Satrol) jalan Batang Arau Muara Padang, serta pembacaan sambutan Ibu Catra Ratnaggadi Jalakanyasena Ibu Vero Yudo Margono yang dibacakan oleh Ketua Korcab II DJA I Ny Santi Hargianto sebagai ibu asuh Kowal di Lantamal II Padang.

Dalam sambutanya Ibu Ketua Korcab II DJA I selaku ibu asuh Kowal di Lantamal II, menyampaikan beberapa hal yang perlu diketahui dan diterapkan oleh para Kowal. Baik dalam kedinasan maupun dalam kehidupan sehari-hari, terkait dengan identitas, etika dan jati diri sebagai prajurit Kowal sebagai berikut.

Pertama : Kowal itu wanita, tetapi militer. Kowal itu militer , tetapi wanita. Sebagai prajurit wanita hendaknya para Kowal mampu menempatkan diri kapan harus bersikap sebagai prajurit dan kapan harus bersikap sebagai wanita atau ibu di rumah.

Kedua : Jadilah Mitra sejajar dengan prajurit pria. Hak dan kewajiban seorang prajurit wanita dan prajurit pria itu sama, disesuaikan dengan strata kepangkatan masing-masing. Ada istilah Gender Equality yang kurang lebih berarti kesetaraan gender. Akan tetapi jangan salah kaprah dalam mengartikan kesetaraan gender.

Ketiga : Jaga nama baik diri, keluarga dan Satuan/TNI Angkatan Laut. Dalam kedinasan ada banyak hal yang harus di jaga terutama nama baik diri sebagai wanita, nama baik keluarga dan tentunya nama baik kedinasan. Akan tetapi bukan berarti Kowal dikekang atau tidak diijinkan untuk maju dan berkarya, hanya saja ditekankan untuk tidak mengabaikan dan melanggar kaidah dan norma yang berlaku dalam kedinasan.

Keempat : Bijak bermedsos, mengingat bahwa saat ini adalah jaman yang sangat dipengaruhi oleh penggunaan tehnologi serta berkembangnya gaya hidup dan cara berinteraksi yang sangat berbeda dengan era sebelumnya maka sebagai seorang prajurit TNI Angkatan Laut, para Kowal dituntut untuk memiliki kepekaan dan kepedulian yang tinggi serta harus melek tehnologi sehingga mampu mengantisipasi segala permasalahan yang timbul pada jaman sekarang ini.

Selanjutnya dilakukan pemotongan tumpeng yang di berikan kepada Kowal termuda di Lantamal II.
Pemotongan tumpeng yang di terima Serda Vivin yang sehari hari berdinas di Dinas dan Administrasi Personel (Disminpers) Lantamal II mempunyai makna, wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesehatan dan perlindungan kepada kita semua.

Kegiatan upacara dan syukuran dalam rangka HUT Ke-58 Kowal yang bertemakan “Berprestasi Untuk Negeri, Berkarya Bagi Bangsa” berjalan lancar dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan yang ketat.
Upacara HUT Ke 58 Kowal di peringati secara sederhana namun tetap khidmat di ikuti seluruh Kowal Lantamal II di hadiri juga oleh Aspers, Kadisminpers dan ibu pengurus Jalasenastri Korcab II DJA I.

Dispen Lantamal II/Musmulyadi

author

Author: