Danrem 032/Wbr : Setetes Darah Yang Disumbangkan Bisa Bermanfaat Buat Masyarakat Yang Membutuhkan

PADANG I Majalah Prajurit Indonesia. Semarakkan Peringatan HUT Ke 75 TNI yang mengusung tema “Sinergi Untuk Negeri,” ditengah pandemi Covid 19, Tentara Nasional Indonesia (TNI) khususnya Komando Resor Militer (Korem) 032/Wbr menggelar berbagai kegiatan Bakti Sosial di jajaran Korem 032/Wbr, salah satunya kegiatan Donor Darah yang berlangsung di Aula Sapta Marga Makorem 032/Wbr  jalan Jend. Sudirman, Padang, Selasa (22/9/20202).

Kegiatan Baksos Donor Darah ini digelar secara serentak di empat wilayah jajaran Korem 032/Wbr, bekerjasama dengan PMI Provinsi Sumbar dan beberapa instansi terkait lainnya, yang bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan stok darah di rumah sakit, guna disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan darah.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Arief Gajah Mada, S.E, M.M., menyampaikan bahwa kegiatan baksos donor darah kali ini diselenggarakan di empat daerah yang terdiri dari Kota Padang, Pasaman, Solok dan Bukitinggi dalam rangka menyemarakkan HUT Ke 75 TNI, yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2020.

Selanjutnya, pelaksanaan donor darah merupakan wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat khususnya Provinsi Sumatera Barat dengan menargetkan 700 peserta donor, sedangkan untuk hasil kantong darah yang didapatkan nantinya akan disumbangkan ke PMI Provinsi Sumbar, jelasnya.

Apalagi ditengah masa pandemi Covid 19 saat sekarang ini, PMI Provinsi Sumbar tentunya mengalami kekurangan stok darah, diharapkan dengan terselenggaranya donor darah ini bisa membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan stok darah untuk rumah sakit yang membutuhkan, ungkapnya.

“Setetes darah yang disumbangkan bisa bermanfaat buat masyarakat yang membutuhkan. Disamping itu, donor darah ini juga berguna untuk kesehatan jasmani para pendonor, karena badan akan terasa lebih segar dan sirkulasi darah menjadi lancar,” tegasnya usai melaksanakan donor darah.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PPM Sumbar Wahyu Iramana Putra mengatakan kami Pemuda Panca Marga sangat senang bisa turut terlibat dan ikut andil menyemarakkan HUT Ke 75 TNI dalam kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh Korem 032/Wbr.

“Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu wujud sumbangsih kita kepada negeri ini, yang harus diikuti dan dicontoh oleh masyarakat dan organisasi lainnya, dengan mendonorkan darah maka akan tercipta rasa sosial dan kebersamaan terhadap sesama,” harapnya.

Adapun peserta yang turut terlibat dalam pelaksanaan donor darah ini sebanyak 1.067 orang dari seluruh jajaran Korem 032/Wbr, dengan hasil 412 kantong darah yang siap digunakan. Sedangkan 655 orang pendaftar lainnya tidak bisa diambil darahnya dikarenakan ada beberapa sebab, seperti : tensi darah tidak normal (tinggi/rendah), HB darah rendah, riwayat penyakit (malaria, diabetes dll), kondisi kesehatan umum (kurang istirahat dll) dan baru minum obat anti biotik.

Turut mengikuti kegiatan donor darah tersebut, Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Arief Gajah Mada, S.E, M.M., dr. Diana dari PMI, Kasiren Korem 032/Wbr Kolonel Inf Wisnu Kurniawan, S.Sos., Dandim 0312/Padang Kolonel Arh Nova Mahanes Yudha, para Kabalak Korem 032/Wbr, Karumkit TK III Reksodiwiryo Padang Letkol Ckm dr. Syahrial, Sp.B., Dandenkesyah 01.04.04 Padang diwakili Wadandenkes Mayor Ckm Yuprizal, Plt. Pasiminkes Denkesyah 01.04.04 Padang dr. Gladian, para Perwira, Bintara dan Tamtama Korem 032/Wbr, perwakilan personel dari Lanud Sutan Sjahrir Padang, perwakilan personel dari Lantamal II Padang, personel Satbrimob Polda Sumbar, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Koorcabrem 032 Ny. Anggia Meutia Arief, S.E., beserta anggota Persit KCK Koorcabrem 032/Wbr dan Pemuda Panca Marga (PPM). (Pen 032/ Musmulyadi)

author

Author: