Jelang Ramadhan, Rumah Milik Anak Yatim di Tanjung Pura Ludes di Lalap Si Jago Merah

 

Langkat I Media Prajurit Indonesia – Musibah kebakaran yang menghanguskan 3 unit rumah semi permanen di Lingkungan IV Kelurahan Pekan Tanjung Pura Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara. Peristiwa kebakaran yang menimpa warga miskin ini terjadi sekitar jam 03.20 WIB dini hari.

Informasi yang dihimpun awak media ini Jum’at (2/4/2021) api berasal dari rumah Abdul Halim (53) yang tinggal bersama adiknya Alimathun Syakdiah (50) lajang /gadis, warga Lingkungan IV Kelurahan Pekan Tanjung Pura Langkat. Selanjutnya api merambat kerumah Yusna Siregar alias Ombos (60) seorang janda yang tinggal bersama 1 orang anak, serta rumah Ria Suryati (48) tinggal bersama 4 orang anak dan 3 orang cucu yang sudah yatim.

Api juga menyeberang merambat ke dapur rumah Ida Khalila (54) dan berhasil dipadamkan warga dengan cepat menggunakan peralatan seadanya. Serta melakukan perobohan dapur rumah Ida Khalila agar terputus mata rantai api tidak merambat kebagian fisik induknya.

Diduga kuat kebakaran akibat korsleting arus pendek listrik. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian matereial mencapai ratusan juta. Api menghabisi seisi rumah termasuk barang elektronik seperti mesin cuci, televisi (TV) ,tempat tidur, pakaian, uang, surat-surat berharga dan lainnya.

Menurut Abdul Halim, api pertama terlihat oleh adiknya , yang pada pagi dini hari, hendak mengambil air wudhu untuk melakukan sholat tahajud, “Ia berusaha memadamkan api pagi itu dengan air, namun api makin besar, sehingga ia keluar rumah dan berteriak minta pertolongan, “sebut Abdul halim dengan raut wajah yang terlihat sedih.

Dirinya dan warga setempat berupaya memadamkan api, namun kobaran api begitu cepat merambat kerumah, dikarenakan bangunan rumah tersebut sebagian besar berbahan papan /kayu. Beberapa warga lainnya pun mendatangi posko pemadam kebakaran, namun mobil pemadam kebakaran, (Damkar) yang seyogianya standbay dihalaman kantor Camat Tanjung Pura, sedang tidak berada ditempat, dikarenakan mobil kebakaran milik Pemkab Langkat ini dikabarkan sedang mengalami kerusakan sudah dalam 2 bulanan ini.

Mobil pemadam baru tiba sekitar pukul 04.11 WIB yang didatangkan dari Pemkab Langkat Kota Stabatat. Dan selanjunya, memadamkan sisa sisa api. Pemilik rumah terlihat shock, karena tidak tahu harus berbuat banyak, dan harus menerima semua musibah tersebut.

Dalam peristiwa kebakaran pagi subuh tersebut turut hadir Lurah pekan Tanjung Pura, Suwanto S. Sos M. A. P, Babinsa dari koramil 11 Tanjung Pura Serda Kusno beserta anggota. Bhabinkantibmas Polsek Tanjung Pura Aipda Tantowi beserta anggota, dan sudah melakukan kordinasi keatasan untuk melaporkan kejadian peristiwa kebakaran tersebut.

Lurah Pekan Tanjung Pura, Suwanto mengatakan kepada awak media ini, turut berduka cita atas musibah yang menimpa 3 rumah warganya. ” kita sudah beri laporan dalam musibah kebakaran ini kepada Camat Tanjung Pura, ” sebut Suwanto.

 

(Muslim Yusuf)

author

Author: