Jelang Ramdhan Tradisi Balik Kampung Terkendala Covid -19

 

Langkat I Media Prajurit Indonesia – Jelang Ramadhan Tradisi Balik kampung sudah menjadi tradisi Turun temurun di kalangan masyarakat muslim indonesia, dan berbagai cara dilakukan agar bisa balik kampung, dan sudah terlihat sejumlah masyarakat Langkat, yang bekerja di perantauan sudah pada tiba di kampung halaman kelahirannya, dan ingin berjiarah ke makam sanak keluarga di langkat.dan ingin menjalani ibadah puasa bersama keluarga Senin(12/4/2021) .

Berkurangnya jumlah masyarakat diperantauan ingin kembali atau yang dikenal balik kampung di bulan suci ramadhan ini, disebabkan terkendala pandemi covid -19 yang masih menghantui masyarakat indonesia dan mendapat himbauan larangan mudik 2021. Dan membuat mudik balik kampung jadi terkendala tiap-tiap warga perantauan yang tinggal di provinsi lain dan juga bekerja di daerah luar Langkat.

M. Sayuti Sidik (52) salah satu warga Malaysia. Berdarah Minang asal Padang Pariaman yang beristrikan warga Langkat, Pangkalan Brandan, dan mengatakan dirinya tidak bisa balik kampung terkendala pandemi Covid -19 melanda Dunia,dan sehingga ada larangan dari otoritas kerajaan Malaysia untuk tidak bepergian ke keluar negeri disaat pandemi ,”Ujarnya.

Lina (41) salah satu warga Kelurahan Sei Bilah mengatakan Tradisi balik kampung ingin beziarah ke makam sanak keluarga di Kabupaten Langkat, mau pun Kabupaten di luar Langkat, sudah menjadi tradisi pada umumnya bagi masyarakat asal Langkat,mau pun yang sudah pindah ke provinsi lain mau pun kabupaten /kota di Indonesia. Dan Saat ini seakan terpanggil ingin balik kampung dan ingin menjalani ibadah puasa bersama orang tua mau pun ingin beribadah tarawih di dikampung halaman, karena tradisi balik kampung sudah menjadi turun temurun dikalangan masyarakat Kabupaten Langkat,” Sebutnya.

(Muslim Yusuf)

author

Author: