Kodim 0311 Target Lepas Keterisolasian Kampung Dilan, Karena Ada di Dua Nagari

SUMBAR I Media Prajurit Indonesia. Kodim 0311/Pesisir Selatan, Sumatera Barat menargetkan melepas keterisolasian Kampung Dilan yang berada di dua nagari di Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Pesisir Selatan (Pessel) melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 109.

“Di Kampung Dilan terdapat lebih kurang 60 rumah penduduk, lokasinya berada diantara Nagari Pancung Taba dan Muara Air. Sesuai rencana di sana akan dibuka akses jalan sepanjang lebih dari tujuh kilometer,” jelas Dandim 0311/Pesisir Selatan, Letkol Inf Gamma Arthadillah Sakti disela gelaran jamuan kopi pagi dengan sejumlah wartawan di Painan, Jumat.

Ia menambahkan, rata-rata penduduk di Kampung Dilan berprofesi sebagai petani, dengan adanya pembangunan jalan pihaknya berharap akses masyarakat di sana semakin lancar, terutama pada saat mereka menjual hasil sawah dan ladang.

“Jika kondisi jalan baik tentu waktu dan biaya yang dikeluarkan lebih sedikit, dan kami meyakini hal ini akan sejalan dengan peningkatan perekonomian mereka,” ungkapnya.

Selain melepas keterisolasian Kampung Dilan, pada TMMD ke 109 pihaknya juga menggelar berbagai kegiatan lainnya seperti memperkuat wawasan kebangsaan masyarakat, pengecekan kesehatan gratis dan lainnya.

Dalam menyukseskan program pihaknya akan menggandeng beberapa instansi seperti Polri dan organisasi perangkat daerah terkait di Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.

Sesuai rencana TMMD akan dibuka oleh Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni pada 22 September 2020, dihadiri jajaran TNI AD dan undangan.

Hanya saja, lanjutnya berkemungkinan besar pembukaan kegiatan dilangsungkan didalam ruangan, dan hal tersebut berbeda dengan sebelumnya yang dibuka di luar ruangan.

Hal itu menyikapi semakin mewabahnya Covid-19, serta mencegah munculnya klaster penyebaran baru virus tersebut.

Dalam gelaran jamuan kopi pagi dengan sejumlah wartawan pihaknya berharap awak media menyukseskan program TMMD melalui pemberitaan-pemberitaan, sehingga kemanunggalan TNI bersama rakyat tidak hanya dirasa oleh masyarakat Kampung Dilan namun juga masyarakat umum. (Musmulyadi)

author

Author: