Nama Desa Perlis dan Desa Kelantan Punya Historis Dengan Malaysia 

 

Langkat I Media Prajurit Indonesia – Desa Perlis danDesa Kelantan Kecamatan Brandan Barat Kabupaten Langkat Sumatera Utara. terbilang punya historis dengan negara tetangga malaysia, karena asal muasal nama desa tersebut yang di bawa oleh suku melayu malaysia ditahun 1880 han yang bertransmigrasi melalui jalur laut selat melaka dengan menggunakan perahu.

Menurut sumber yang diproleh Awak media dari tokoh masyarakat desa perlis yang bernama H. Umar (70) Senin (19/ 4/2021) menurutnya bahwa Desa perlis dibuka oleh seorang ulama asal malaysia bernama H. Cik piah dan didukung oleh pejuang tokoh asal aceh bernama nyak Haris, dari ke 2 Tokoh tersebut maka desa perlis terletak di pangkalan brandan. dibuka oleh suku melayu asal malaysia dan aceh tamiang ketika itu masih di. Sebut kampung perlis,”ujarnya

Ia menambahkan beberapa tahun sesudah itu. Menyusul manusia perahu asal malaysia kelantan patani . dan perbatasan dengan negara thailan patani. ,”Sebutnya.

Maka dua desa tersebut ada kesamaan dengan nama negeri jiran thailan -malaysia indonesia.

Pada tahun 1883 pangkalan brandan menemukan Ladang minyak di telega said oleh Otoritas belanda masa itu. dan langkat masa itu dipimpin oleh kesultanan musa yang istana kerajaan nya terletak di perbatasan kecamatan hinai saat ini, gak jauh dari simpang lembaga permasyarakatan tanjung. Pura.

Sultan Langkat masa itu termasuk sultan terkaya diasia yang memiliki sumber cadangan minyak di telaga said pangkalan brandan cukup melimpah. Bahkan minyak pertama di indonesia.

Menurut keterangan sumber yang layak dipercaya asal tanjung pura hijrah (40). Bahwa kesultanan langkat sudah memiliki kapal dan kenderaan canggih masa itu.

Dari itu indonesia mempruduksi minyak perhari mencapai 27 ribu barel /hari ungkap salah satu tokoh dipangkalan brandan.

 

(Muslim Yusuf)

author

Author: