Pasang Rob Landa Kabupaten Langkat dan Belawan 

 

Sumut I Media Prajurit indonesia. – Sejumlah kawasan pemungkiman masyarakat pesisir kelurahan/ desa di sumut terkena dampak pasang banjir Rob kushusnya dipesisir Belawan dan pesisir Kabupaten Langkat.

Banjir air laut tersebut sudah menjadi Langganan bagi masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir belawan dan kabupaten Langkat.

Hasil pantauan awak media Rabu (28/4/2021) terlihat sejumlah rumah warga di di kawasan pesisir pangkalan brandan,sei bilah, brandan timur ,desa perlis, desa kelantan terihat di genangi air Pasang Rob. Membuat aktivitas sejumlah masyarakat pesisir terganggu.

Menurut Sangkot Nasution (58) salah satu nelayan pangkalan brandan mengatakan banjir Rob ini, sudah jadi langgganan bagi masyarakat nelayan di pangkalan brandan jadi kami sudah biasa bang,

“Jadi kami tidak heran lagi, cuma kami agak terganggu dan menjadi tambah kerjaan untuk membersih lumpur -lumpur yang berasal dari air pasang rob tersebut, “Ujarnya.

Sementara Muhammad Safri (50) warga Pangkalan Brandan yang tinggal di Belawan ketika dihubungi melalui Via handpon Sesuler mengatakan banjir pasang rob selalu terjadi bila datang bulan April dan membanjiri sejumlah akses jalan umum mau pun rumah warga pesisir belawan hingga kejalan umum dibelawan, ,membuat sejumlah pengguna jalan menjadi terganggu ,”ucapnya.

Ia menambahkan Banjir Rob merupakan banjir air laut yang datangnya pada bulan -bulan tertentu, dan banjir Rob ini merupakan banjir musiman bila datang musimnya, akan naik kedarat menggenagi seluruh pesisir pantai di indonesia ,” katanya.

 

(Muslim Yusuf)

author

Author: