PONDOK PESANTREN AL – MUKHTAR MENGADAKAN KEMAH SANTRI YANG DIHADIRI OLEH DANRAMIL LEMBAH GUMANTI BERSAMA KETUA KOMBATPOL SUMBAR DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN MENUMBUHKAN RASA CINTA NKRI

 

Solok I Media Prajurit Indonesia – Kemah Santri Pondok Pesantren Al-Mukhtar merupakan acara dan kegiatan rutin Eskul yang diselenggarakan pada setiap tahun dengan lokasi yang berbeda – beda. Pada tahun ini kemah dilaksanakan selama tiga hari berturut – turut datang tanggal 18 sampai 20 Januari 2021, yang berlokasi di Pulau Indah Danau Diatas Alahan Panjang Solok Sumatera Barat, Senin (18 Januari 2021)

Pondok Pesantren merupakan lingkungan masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan secara Struktural dan berjenjang, atau sering disebut dengan lembaga pendidikan nonformal. Dalam mengimplementasikan lembaga formal maupun non formal Pondok Pesantren dituntut untuk dapat menjadi landasan bagi pembentukan karakter anak didik, dan tentunya pendidikan haruslah diisi dengan nilai – nilai kebangsaan yang mencakup unsur keagamaan, kejujuran, rasa toleransi dan sikap Kedisiplinan, sehingga menumbuhkan semangat cinta tanah air.

Sebagai panitia pelaksana Kegiatan Kemah tersebut yaitu Ustad Zul Asri Rusli yang juga merupakan Pembina Pondok Pesantren Al – Mukhtar. Ustadz Zul yang juga melayani sebagai Dewan Pembina Komunitas Sahabat TNI dan POLRI (Kombatpol) Sumatera Barat, Bapak Fauzi Akmal, SIQ. S. Th.I, M.Pd.I, sebagai Mudir Pondok Pesantren Al – Mukhtar sekaligus sebagai Dewan Pengawas Komunitas Sahabat TNI dan POLRI Sumatera Barat.

Turut hadir Danramil Lembah Gumanti beserta Jajarannya, Ketua Komunitas Sahabat TNI dan Polri Sumatera Barat, sekaligus sebagai PEMPRED Media Prajurit Indonesia, dalam rangka memberikan dukungan bentuk dan sinergisitas antar kelembagaan, agar menjadi penyemangat kepada anak-anak santri yang merupakan tumpuan dan harapan Bangsa dan Negara kedepannya.

Untuk menumbuhkan kedisiplinan dan cinta NKRI bagi segenap santri, Nara sumber Danramil Lembah Gumanti Kapten Chb Indra Gunawan, memberikan wejangan kepada seluruh santri Al-Mukhtar “Dengan disiplin kita akan merubah Karakter yang tegas dan tangguh, dan dengan ilmu kelak kalian bisa mencapai cita – cita dan meraih mimpi, termasuk menjadi Prajurit TNI, sehingga bisa menjaga Kedaulatan Negara ini “ ujarnya.

Pada Kesempatan itu santri juga di bekali dengan materi Baris – berbaris yang di pandu langsung oleh anggota Koramil Lembah Gumanti. Materi Eskul lainnya seperti ; berenang, memanah dan Ilmu bela diri tingkat dasar oleh Div. SDM Kombatpol. Beberapa materi pada kegiatan perkemahan ini agar dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para santri. Di samping itu latihan kondisi fisik dasar kepada seluruh peserta, Santri Pondok Al – Mukhtar, tentunya sebagai salah satu bentuk pelatihan yang dapat menumbuh kembangkan kedisiplinan dan bela negara sedini mungkin.

Setelah memberikan materi tersebut, beliau Kapten Chb Indra Gunawan bercengkrama dengan pengurus Pondok Al-Mukhtar dan ketua Kombatpol Sumatera Barat saudara Musmulyadi, pada kesempatan itu Danramil berpesan “ Bahwa kita semua adalah komponen bangsa yang di pundak kita terdapat tanggung jawab dan harapan yang besar, untuk selalu menjaga NKRI dari para perusak bangsa, dan inilah bentuk tindakan nyata dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa dan agama, ucap beliau.”

Dalam Barak Perkemahan tersebut, panitia penyelenggara kegiatan yaitu Bapak Fauzi Akmal, juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapten Chb Indra gunawan dan jajarannya, yang telah berkenan hadir dan memberikan arahan serta penjelasan urgensi kedisiplinan dan cinta NKRI kepada peserta yang berhadir. Acara penutup pemberian Cendera mata berupa Al’Quran.

 

 

 

Reporter : Fauzi Akmal

 

author

Author: