Terasi (Belacan) Desa Kelantan Pangkalan Brandan Di Sukai Negeri Jiran Tetangga Malaysia

 

Sumut I Media Prajurit indonesia- Terasi asal Desa Kelantan Kecamatan Brandan Barat Kabupaten Langkat disukai oleh masyarakat negeri jiran Malaysia dikarenakan tiap tiap warga Desa kelantan berkunjung kemalaysia ole olenya Belacan yang dipesan.

Nurgayah atau yang disapa opung dan/atau Nek Nor (65) salah satu pengrajin pembuatan Belacan( terasi ) mengatakan ia tetap semangat dan menekuni aktivitas usaha belacan tersebut, walau pun saat ini negara indonesia lagi mengalami pandemi virus Covid-19, namun semangat juang nek nor tetap eksis dan antusias menjalani usaha belacannya Rabu(13/7/2021). Dengan mengunakan alat tradisional Lesung Nek Nor bersama sanak saudara terus mengembangkan usaha belacannya.

 

Belacan buatan nek nor terbilang original masih menjaga kualitas asrinya menggunakan bahan baku udang kecepe (udang emas).


Nek nor di usia tua nya ia masih berusaha dan tetap semangat menjalani usaha belacannya dan ia berharap pada Bupati Langkat agar memperhatikan usahanya dan membantu alat alat tegnologi untuk pembuatan belacan tersebut.

“Kadus dusun III Desa kelantan Samsul ketika dikomfirmasi awak media mengatakan ibu ibu Desa Kelantan ikut serta meningkatkan ekonomi Desa, dengan membuat usaha belacan dan ikan asin. Samsul menambahkan dalam aktivitas tersebut ibu ibu bekerja belum maksimal dikarenakan bahan baku yang di beli sangat terbatas ke nelayan udang bisa 10 kg, Bisa 15 kg, seharusnya bisa lebih banyak lagi dan pengrajin minim alat untuk mengembangkan usahanya seperti bakul, tong, ember, jaring untuk menjemur dan alat giling belacan ,”Ujarnya.

(Muslim yusuf)

author

Author: