Waduk Dinas Pertanian Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat Belum Berfungsi

 

Langkat I Media Prajurit Indonesia – Waduk pengairan milik Dinas Pertanian Kabupaten Langkat, yang terletak di Dusun 1 Suka Tani Alur Serit Desa Suka Jaya Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat belum berfungsi untuk mengairi lahan pertanian masyarakat.

Hasil pantauan awak media di TKP, Minggu (21/2/2021) sekira pukul 15 WIB. Waduk tidak di aliri air sedikit pun, menurut keterangan salah seorang petani yang sawahnya tidak jauh dari waduk.

Ibu Jamiah (50) mengatakan “Saya tidak pernah merasakan aliran air dari waduk yang dibuat tersebut, dan malah dari parit yang mengalir kesawah.”

Ibu Jamiah juga mengatakan bahwa waduk tersebut di bangun di tanah milik Kades Tugino, “saya tahu sekali, saya kan sudah puluhan tahun bercocok tanam di persawahan milik saya,” Ujarnya.

Kades Suka Jaya Tugino ketika di temui media Awak dikantornya, tidak berada ditempat dan awak media mencoba mengkomfimasikan hal ini kepada Camat Besitang H. Ibnu Hajar S, Sos melalui Via WhatsApp mengatakan, “Saya sudah menghubungi Kades Tugino dan mengatakan bahwa waduk tersebut di bangun di tanah yang dihibahkan untuk membuat waduk, Proyek tersebut milik Dinas Pertanian Langkat, besar anggarannya, Kades enggan menyebutkannya “.

Camat menyebutkan bahwa kades sudah Dua kali dipanggil Kacabjari Pangkalan Brandan terkait masalah pembangunan waduk tersebut, “Ungkapnya

Selanjutnya Rusni (48) Anggota LSM KPK Langkat Sumut, meminta maaf kepada Penegak hukum untuk menyelidiknya kembali soal anggaran waduk tersebut dan mengapa pihak Camat mau pun Desa ada kesan pembiaran terhadap waduk persawahan tersebut, “Ujarnya

Rusni menambahkan diduga pihak Dinas Pertanian dan pihak Desa ada kesan kongkalikong pembuatan waduk mangkrak tersebut, “Ujarnya.

 

 

(Yusuf Muslim)

author

Author: