DANLANTAMAL II MENGIKUTI RAPIM TNI AL SECARA VIRTUAL, TAHUN 2021 LEBIH BAIK DARI TAHUN 2020 SAMBUTAN KASAL PADA SAAT RAPIM

 

Padang I Media Prajurit Indonesia – Rapim TNI Angkatan Laut Tahun ini 2021 berbeda dengan tahun sebelumnya. Masih dalam masa Pandemi, sehingga pelaksanaan dilakukan dengan peserta terbatas untuk di Markas Besar TNI AL (Mabesal). Bagi peserta lainya melaksanakan secara daring atau virtual terutama peserta daerah Kamis 18 Februari 21.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.S.E.,M.M, membuka secara resmi Rapim TNI AL yang di adakan di gedung Auditorium Denma Mabesal Cilangkap Jakarta Timur. Ikut mendampingi Kasal, Wakasal Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono.S.E.,M.M.,dan para Pejabat Utama (PJU) Mabesal.

Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II Padang jalan Bukit Peti Peti Teluk Bayur Padang Rapim TNI AL, di laksanakan di ruang transit VIP secara virtual. Danlantamal Laksamana Pertama TNI Hargianto.S.E.,M.M., menghadiri dengan di dampingi para pejabat utama (PJU) Lantamal.

Rapim kali ini mengusung tema “TNI AL Yang Profesional, Modern dan Tangguh Siap Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Serta Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Demi Keutuhan NKRI”, menampilkan para Narasumber yaitu Kasal, Irjenal Kasal Laksamana Muda TNI Moelyanto, Asrena Kasal Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., dan Kadiskesal Laksamana Pertama TNI dr Ahmad Samsul Hadi.

Dalam sambutannya Kasal mengatakan “Sesuai pernyataan Presiden RI Ir. H Joko Widodo pada Rapim TNI Polri bahwa, TNI-Polri selalu berada di garda terdepan dalam penanganan bencana dan krisis, untuk itu kita harus aktif mendisiplinkan Prokes serta mendukung penuh pelaksanaan vaksinasi massal,” tuturnya.

Kasal juga memberikan penekanan dalam akhir paparanya diantaranya mengatakan sudah banyak kapal yang beroperasi di laut, lebih banyak pesawat yang terbang, lebih banyak pasukan dan kendaraan tempur yang beroperasi, kita berharap lebih tanggap dan lebih cepat hadir di garis terdepan serta lebih tangkas dalam menuntaskan tugas,” harapnya.

Kasal juga menambahkan “Dukung kebijakan pemerintah dalam bentuk kegiatan Satker TA. 2021, yang difokuskan pada Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, serta program vaksinasi massal, susun starategi pemenuhan dan penataan (manajemen) personel guna mendukung kesiapan operasional.

Jadikan Satuan Pendidikan baru TNI Angkatan Laut sebagai momentum untuk meningkatkan animo masyarakat yang tinggi untuk menjadi prajurit TNI Angkatan Laut yang profesional, tangguh dan berkarakter serta menjunjung tinggi Trisila TNI AL.

Kasal juga mengajak para Pimpinan, Panglima dan Komandan satuan agar meningkatkan jam Komandan, agar dapat menekan angka pelanggaran yang dilakukan oleh prajurit atau anak buah.

Dalam kesempatan tanya jawab Danlantamal menyampaikan, rencana pengembangan untuk rumah sakit di Lantamal. Saat sekarang masih setingkat balai kesehatan. Harapan kedepan bisa di tingkatkan menjadi rumah sakit setingkat kelas IV. Danlantamal juga berharap Lanal Mentawai segera terealisasi.

Dengan kondisi yang ada saat ini, masih status Posal Tipe A. Perlu di tingkatkan prasarana dan sarana bertahap menjadi lanal Tipe D dan selanjutnya lanal Tipe C.

Perlu adanya dukungan dari Pemda Mentawai berupa lahan untuk dermaga, perumahan dan fasilitas standart dari Posal tipe A menjadi Lanal Tipe D.

 

Dispen Lantamal II/Musmulyadi

author

Author: