SMP N 5 Sijunjung melakukan PILKETOS secara Virtual

 

 

 

Sijunjung | Media Prajurit Indonesia – Bergerak maju walaupun dalam kondisi Pandemi. Begitu mungkin prinsip yang dipegang oleh SMP N 5 Sijunjung Sumatera Barat.

Setelah 3 bulan yang lalu, dimana banyak sekolah masih terkendala kegiatan proses belajar mengajar, SMPN 5 Sijunjung bahkan berinisiatif melaksanakan program program sekolah, bahkan bisa melaksanakannya setingkat nasional, yakni Lomba Cipta Puisi dalam rangka Hari Pahlawan.

Dan hari ini, Senin tanggal 22 maret 2021, SMP ini tidak mau program sekolahnya terkendala dikarenakan pandemi Covid – 19.

 

( Pengumuman Hasil Pilketos SMP N 5 Sijunjung )

 

Setelah mempertimbangkan banyak hal, maka sesuai program sekolah hari ini sekolah ini melakukan pemilihan Ketua OSIS. Yang menjadi berbeda adalah, proses pembelajaran demokrasi bagi siswa ini dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi google form. Hal ini berdampak bagus dengan tidak adanya sentuhan antar anak, tidak berkumpul, dan bahkan mereka bisa menggali informasi calon ketua osis dengan interaksi yang lebih baik.

Pemilihan ini dimulai dari 1 minggu yang lalu, dengan proses yang berjalan terbuka, jujur, dan adil. Risda Yeni Usra, selaku Pembina OSIS SMP N 5 mengatakan,

“1 minggu sebelumnya proses pemilihan ini di mulai dengan pendaftaran, seleksi bakal calon, dan kemudian masa sosialisasi, dan di akhiri dengan pemilihan. Masing masing anak diberikan nomer pemilih sehingga mereka memiliki 1 hak pilih dan tidak bisa memilih 2 kali”.

Senada dengan itu kepala sekolah SMP N 5 Sijunjung, Sugesti mengungkapkan bahwa ini adalah langkah maju bagi kami untuk menjaga agar apa yang sudah dirancang pemerintah bisa menjadi senada dengan program kami sebagai pihak stakeholder dilapangan. ” Kami berterimakasih kepada pembina OSIS dan semua pihak yang terlibat, karena ini merupakan bagian dari langkah maju sekolah untuk tetap melakukan program sekolah ditengah kondisi pandemi seperti ini dengan kreatif dan penuh inovasi”, ungkapnya.

Keikutsertaan pemilih pada pemilihan ketua OSIS kali ini berdasarkan data yang ada sebanyak 278 pemilih dari 342 org atau sebanyak 81%. Dengan hasil terpilihnya ketua OSIS SPENLISI, begitu siswa dan civitas sekolah menyebut sekolah mereka, yakni Doni Putra.

Ini bisa menjadi pembelajaran buat kita. Bahwa teknologi dapat memberikan kemudahan jika digunakan dengan baik.

Saya rasa ini adalah pertama kalinya. Saya sudah 18 tahun mengajar. Jujur saja, saya kaget mendengar informasi ini, kita harus memberi sekolah ini apresiasi terhadap inovasinya. Ini bisa jadi pelajaran buat semua bahwa teknologi bisa kita manfaatkan dengan baik jika berada ditangan yang tepat”, ungkap salah seorang guru sekolah lain.

 

 

(WR)

author

Author: